.

Friday, October 24, 2008

Air Conditioners - Ruangan

Apakah Anda tersiksa dengan hawa panas dan lembab? Mungkin ini saatnya Anda membeli Air Conditioner baru ataukah cukup dengan memastikan AC yang ada bekerja secara maksimal. Air Conditioner jenis apa yang dapat secara efektif membantu Anda? Apakah model portable, ataukah model Air Conditioner split yang akan merubah hidup Anda menjadi lebih baik?

Air Conditioner sentral atau terpusat sangatlah bagus untuk menyejukkan seluruh bagian rumah, akan tetapi tipe sentral dan terpusat lebih efektif untuk Anda yang tinggal di Apartment atau sebuah situasi rumah yang hanya perlu menyejukkan satu atau dua ruangan saja.

Keuntungan yang jelas dari sebuah unit Air Conditioner kecil adalah pada konsumsi energi listrik untuk menyejukkan sebuah ruangan kecil, sebagai contoh sebuah Kamar Tidur. Energi bisa dihemat karena kita hanya memerlukannya untuk ruangan-ruangan tertentu saja yang kita butuhkan. Jelas, lebih hemat untuk kantong kita.

Tidak berbeda dengan Air Conditioner sentral, sebuah Air Conditioner kecil atau biasa kita kenal sebagai AC Split, memiliki fungsi menarik panas, dari hawa dalam sebuah ruangan, menyejukkan dan mengurangi tingkat kelembaban nya kemudian mengembalikan udara tersebut kedalam ruangan. Sebuah blower menarik udara panas melalui sebuah penyaring.

Sebelum memilih tipe AC yang anda butuhkan, Anda perlu mengetahui berapa luas ruangan yang akan anda pasang tipe AC model ini.

Berikut sedikit tips untuk pemasangan Air Conditioner yang tepat untuk luas ruangan yang berbeda:

Cara I :

A. Luas Ruangan ( m2 ), digunakan utk Rumah tinggal biasa. 25 m 2/1 PK

B. Luas Ruangan ( m2 ), digunakan utk Rumah Mewah, 20 m/1 PK (banyak kaca), Wartel,warnet.

Contoh :

1. Kamar tidur utama ukurannya 4 x 6 m, berapa PK AC sebaiknya digunakan.:

Jawab : 6 x 4 = 24 m2/25 m2= 0.9 PK , maka digunakan kapasitas AC : 1 PK (dibulatkan)

2. Sebuah warnet akan menggunakan AC, ukuran ruangannya 4x6 m, jumlah komputer5 bh.. Berapa Pk AC yg dibutuhkan.

Jawab: Ruangan berkondisi cukup panas dengan banyaknya peralatan elektronik6 x 4 = 24 m2/20 m2= 1,2 PK maka digunakan kapasitas AC : 1.5 Pk ( dibulatkan)

Cara II :

A. Luas ruangan tiap 1 m2 = 350 BTU/hrDigunakan untuk beban atau sumber panas sedikit seperti: Rumah biasa, kamar tidur, ruangtamu,dll.

Contoh :

1. Sebuah rumah tinggal akan menggunakan AC di kamar tidur utama. Ukurannya4x5 m2. Berapa PK sebaiknya AC yang digunakan ?

Jawab :

1 m2 = 350 Btu/hr Luas kamar tidur utama : 20 m2, maka := 20 m2 x 350 Btu/hr = 7000 Btu/hr Gunakan AC ¾ PK = 7000 Btu/hr


B. Luas ruangan tiap 1 m2 = 450 BTU/hrDigunakan pada ruangan yg banyak orang dan sumber panas seperti: Rumah banyak kaca, Warnet, Wartel, Swalayan,dll.

Contoh :

1. Sebuah rumah tinggal akan menggunakan AC di ruang tamu utama, jendelanya semua dari kaca, ada 2 unit TV,dan Lampu pijar Ukurannya 6x5 m. Berapa PK sebaiknya ACyang digunakan ?

Jawab :

1 m2 = 450 Btu/hr, Luas ruang tamu utama : 30 m2, maka := 30 m2 x 450 Btu/hr= 13500 Btu/hr Gunakan AC 1.5 PK = 12000 Btu/hr

Semoga Berguna!

No comments:


TERAPI OXY WATER, Sembuhkan berbagai macam penyakit Anda